Berlangganan

Tips Mencari Ide Dan Topik Dalam Menulis Di Blog

Selamat pagi, siang, sore dan malam teman-teman. SEO On Page memang sangat penting dalam sebuah artikel. Kita tahu sendiri google menjadi mesin pencari terpopuler saat ini. Pada intinya SEO On Page tersebut bertujuan agar artikel yang kita tulis bisa muncul dihalaman pertama mesin pencari seperti google. Caranya banyak mulai dari riset keyword, penempatan keyword, internal backlink dan lain sebagainya. Semuanya sudah saya kupas tuntas pada artikel sebelumnya. Yang perlu anda lakukan adalah memahaminya dan take action! Ini yang perlu di garis bawahi, sedikit apapun ilmu yang kita peroleh segeralah lakukan action. Nah jika artikel yang sudah kita tulis ini berhasil merangsak di halam pertama google terlebih di urutan atas, tentu saja akan semakin banyak orang yang membaca tulisan kita. Selain dari sisi SEO On Page, untuk meningkatkan earning anda bisa mengoptimalkan “faktor kali”, apa itu?

ilustrasi brohh :D


Faktor kali yang saya maksud adalah faktor jumlah artikel yang anda tulis. Semakin banyak jumlah artikel yang anda tulis tentu saja akan berpeluang untuk mendapatkan earning yang semakin banyak. Mungkin diantara anda ketika akan menulis masih kesulitan dalam menentukan topik yang akan ditulis. Untuk itu saya ada sedikit tips mencari ide dan topik dalam menulis berikut ini.

1.       Buka Situs Lain
Tips yang pertama adalah dengan membuka situs-situs lain seperti kompas.com, viva.co.id atau lainya. Lihat pada bagian populer atau yang paling banyak dibaca. Anda bisa jadikan topik tersebut untuk bahan artikel di blogesktra. Misalnya dari data dibawah ini, anda bisa membuat artikel tentang harga dan spesifikasi honda HR-V
 
2.       Google Trend
 
Buka google trend dan set pada 7 atau 30 hari terakhir. Disana anda bisa melihat topik apa yang sedang ngetren dalam kurun waktu tersebut. Jadikan topik tersebut untuk bahan artikel dan anda bisa mengembangkanya sesuai kreativitas masing-masing. Misalnya ketika membuka google trend anda mendapatkan topik tentang samsung galaxy a seperti pada gambar dibawah ini. Anda bisa membuat artikel di blogesktra tentang  “spesifikasi samsung galaxy A5“ atau “harga samsung galaxy A5“  dan sebagainya.

3.       Google

google sendiri bisa anda jadikan media dalam menentukan topik artikel. Caranya ketikan frasa tertentu, misalnya dengan mengetikan “cara membuat“ maka akan muncul beberapa topik yang paling banyak dicari terkait dengan frasa yang anda tuliskan.


Sederhana sih, namun setidaknya itulah yang saya lakukan selama ini dalam mencari ide atupun topik menulis. Banyak sebenarnya bahan yang bisa kita jadikan artikel dalam ngeblog. Saran saya mulailah dari apa yang kamu sukai atau apa yang kamu benci. Kedua hal tersebut biasanya akan memudahkan kita dalam membuat sebuah tulisan.